Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AKU CINTA INDONESIA KITA (ACIKITA)


ACIKITA FOUNDATION

ACIKITA atau AKU CINTA INDONESIA KITA adalah suatu organisasi non pemerintah yang didirikan oleh sekelompok anak bangsa dan digunakan sebagai tempat dedikasi oleh mahasiswa INDONESIA yang kuliah di luar negeri yang ingin membantu sesama saudaranya serta memajukan bangsa RI lebih baik dari sekarang. ACIKITA pertama kali dicetuskan pada tanggal 4 Oktober, 2006 di Tokyo. Pendirinya adalah :
  •       Dr. Prihardi Kahar, (saat itu postdoctoral di Tokyo Institute of Technology/TIT, sekarang sebagai Asc. Prof di Nihon University)
  •       Dr Jumiarti Agus (saat itu baru saja menamatkan studi di TIT, sekarang khusus memfokuskan diri untuk perjuangan di ACIKITA), dan
  •       Rahmiwati, S.Ag (alumni IAIN Padang, saat itu sedang belajar Bahasa Jepang, dan ilmu ilmu praktis menyangkut lifestyle, tata karma, serta budaya Jepang, disamping menemani suaminya yang studi di TIT.

Organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi ini, lahir dari keinginan tulus mereka untuk turut berkontribusi nyata dalam memperbaiki kondisi NKRI kita. Perjuangan mereka memang ingin mencapai goal terciptanya Indonesia baru yang lebih baik. Saat ini pengurus ACIKITA yang utama ada 4 orang yaitu :

1.    Dr. Prihardi Kahar sebagai Founder and Advisory Member of ACIKITA International

2.    Dr. Jumiarti Agus sebagai Founder and Chairman of ACIKITA International

3.    Rahmiwati S. Ag. Sebagai Founder and Chairman of ACIKITA Indonesia Region

4.    Dian Akbas sebagai General Secretary and Head of Web Design Team of ACIKITA


 Dari mimpi beberapa orang, lahirnya cita-cita mereka dan diikrarkan bersama ACIKITA.

Cita-cita kami dari ACIKITA Foundation

Berjuang untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dengan jalan memajukan pendidikan.



Visi dan Misi Organisasi ACIKITA
Visi ACIKITA
1.    Menuju terciptanya manusia Indonesia yang mempunyai tingkat pendidikan yang lebih baik.
2.    Menuju terciptanya kesejahteraan segenap insan.
3.    Menuju terciptanya kondisi kehidupan yang nyaman, damai dan bersahaja.

Misi di Bidang Pendidikan
1.    Ikut berperan aktif dalam upaya memajukan pendidikan dan potensi diri anak bangsa (mulai dari usia prasekolah, usia sekolah, ibu rumah tangga, dan profesi lainnya).
2.    Berperan aktif dalam upaya memajukan penelitian (baik formal dan informal) di Indonesia.
3.    Aktif memberikan informasi dan sistem pendidikan di dalam dan di luar negeri kepada masyarakat Indonesia.
4.    Mendorong tumbuh dan berkembangnya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia secara menyeluruh.
5.    Ikut berperan aktif dalam menciptakan anak-anak Indonesia yang aktif dan kreatif dalam mengembangkan kecakapan dan potensi dirinya.

Misi di Bidang Ekonomi
1.    Ikut ambil bagian dalam menciptakan dan menumbuhkan lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia.
2.    Menumbuhkan dan menghidupkan peran perempuan untuk mendukung ekonomi keluarga.
3.    Mendorong kaum perempuan mempunyai keahlian, keterampilan dan kecakapan untuk menopang ekonomi keluarga.
4.    Memikirkan dan memberikan bantuan terhadap kaum miskin dan lemah di Indonesia.

Misi di Bidang Sosial
1.    Ikut peduli dan tanggap terhadap situasi sosial dan kemasyarakatan di Indonesia.
2.    Peduli dan ikut serta mengatasi berbagai kasus yang merusak kehidupan dan generasi muda di Indonesia.

Hingga saat ini keanggotaan organisasi ini terus berkembang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sebagai kantor Internasional ACIKITA adalah di Tokyo, Jepang. Kegiatan Nasional diwakili oleh ACIKITA Jakarta. Untuk di Jepang sedang diusahakan legalisasi organisasi ini, dengan menggunakan referensi AKTA yang sudah dibuatkan di Indonesia.
Keanggotaan ACIKITA tidak terbatas orang Indonesia saja, tapi juga ada orang Jepang yang cinta dan suka dengan Indonesia sebagai anggota luar biasa. Dari itulah dibentuk ACIKITA beranggotakan anggota biasa, anggota luar biasa,dan anggota kehormatan.

  1.       Anggota biasa adalah Warga negara Indonesia yang berada di mana saja, yang bertujuan sama untuk memajukan Indonesia.
  2.       Anggota luar biasa adalah warga negara asing yang mempunyai minat dan ketertarikan khusus untuk memajukan Indonesia. Pengangkatan dan pemberhentian anggota luar biasa ditetapkan oleh Pengurus dengan sepengetahuan Pengurus Nasional dan Pengurus Internasional.
  3.       Anggota Kehormatan:

  •       Warga Negara Indonesia di mana saja yang telah berjasa dalam membina dan membantu kegiatan ACIKITA
  •       Mereka orang asing yang berjasa dalam membina dan membantu kegiatan ACIKITA.


Alhamdulillah dari awalnya 3 orang, kini sudah ada :
1. ACIKITA Internasional (Sekretariat Tokyo)
2. ACIKITA Nasional (Sekretariat Jakarta),
3. ACIKITA Bandung,
4. ACIKITA Garut,
5. ACIKITA Lampung,
6. ACIKITA Palembang,
7. ACIKITA Padang,
8. ACIKITA Pariaman,
9. ACIKITA Bukittinggi,
10. ACIKITA Payakumbuh,
11. ACIKITA Yogya,
12. ACIKITA Palangkaraya,
13. Dan berkat bantuan seorang aktivis senior di Balikpapan, akan didirikan ACIKITA di seluruh daerah tingkat dua di Kalimantan Timur, dalam waktu dekat ini. Juga akan didirikan ACIKITA Cabang Aceh, Pekan Baru, dan Malang
Saat ini yang tergabung dalam ACIKITA berbagai mahasiswa Indonesia di berbagai negara, ibu rumah tangga, dosen, peneliti, pegawai di suatu instansi. ACIKITA ingin merangkul semua pihak sesuai dengan potensi yang dipunyai mereka untuk membangun bangsa maka dibutuhkan banyak orang, tidak hanya golongan mahasiswa saja, atau kaum elit saja.

Program Kerja ACIKITA

Program Kerja di Bidang Pendidikan
a.     Menggalakkan budaya membaca di kalangan masyarakat. Dalam rangka mendambakan masyarakat pencinta buku, ACIKITA mendirikan penerbitan sendiri. Mulai dari buku anak, parenting, sharing kehidupan, informasi luar negeri, dan buku-buku yang menginspirasi. Ke depannya juga akan diproduksi buku-buku sains, dsbnya. Buku ACIKITA selama ini tetap lebih murah, harganya hanya Rp. 30.000/buku
b.    Program sumbangan buku. Buku yang disumbangakan adalah buku-buku anak, buku-buku yang memotivasi dan menginspirasi misalnya buku tentang mendapatkan kesempatan bersekolah ke luar negeri (LN). Program ini rencananya akan diadakan setiap tahun. Kami sudah menyumbangan buku Kiat mendapatkan studi dan beasiswa ke Jepang untuk 1500 SMA yang tersebar di Indonesia. Karena jumlah SMA adalah 24.000 maka kami mengundang pihak-pihak yang mau menyumbang melalui program ini. Sumbangan buku juga telah dilakukan untuk taman baca, perpustakaan mesjid, umum dan universitas. Tujuannya bisa menginspirasi dan menyemangati mereka untuk giat belajar. Kami juga menyumbangkan buku-buku ACIKITA untuk perpustakaan umum di Jepang, untuk memperkaya buku-buku berbahasa Indonesia di Jepang. Bagi yang berminat untuk mengikuti program ini silahkan mengontak kami, karena kemampuan kami masih belum maksimal.
c.     Mensupport dan menyalurkan generasi muda yang ingin bersekolah ke Jepang dan luar negeri lainnya, sesuai potensi kami. Hal ini telah berjalan untuk tujuan studi ke Jepang. Kegiatan ini dikemas dalam program “ACIKITA Study Abroad Program (ASAP).
d.    Mengadakan program pertukaran pelajar lintas negara (exchange student), program homestay di luar negeri untuk mempererat hubungan Indonesia dengan dunia lain.
e.    Aktif mengadakan seminar dan conference bertingkat International. Setiap tahun kami selalu mengadakan seminar di banyak kota. Topik seminar tentang rahasia dan kiat bersekolah ke luar negeri, sistem pendidikan di luar negeri yang baik untuk ditiru termasuk topik pendidikan dini di negara maju, berbagi informasi dan pengalaman nyata selama hidup di luar negeri yang dapat membangkitkan semangat hidup. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2009. Acara selalu diadakan bertepatan dengan liburan musim panas di luar negeri (Juli-Agustus). International conference pertama telah diadakan di Direktoral Pendidikan Tinggi di Jakarta, 25-27 Juli 2011. Dan International Conference yang ke dua diadakan pada tanggal 26-28 Agustus 2012, di RRI, Jakarta. Dan rencana kami akan terus diadakan setiap tahun. Kami mengundang partisipasi dari banyak pelajar, akademisi, researcher, industries baik anak bangsa Indonesia maupun orang asing untuk ikut dalam event menarik ini. Disamping untuk mentransfer ilmu diharapkan terjadi hubungan kerjasama untuk memajukan pendidikan dan riset di tanah air. Juga akan membuka kesempatan besar bagi para pemburu beasiswa di tanah air untuk mendapatkan kontak person atau calon professor di universitas di luar negeri.
f.     Memberikan informasi, menjembatani penjalinan riset dan kerjasama penelitian antara Indonesia dengan luar negeri, khususnya Jepang (yang sudah berjalan). Tengah berlangsung dengan ITB, IPB, BALITBIO dan Unand. Semuanya mempunyai MoU yang jelas (telah dan sedang berjalan).
g.    Menyekolahkan kaum miskin dan du’afa. Program ini telah berlangsung di Payakumbuh, (telah berjalan sejak 2002 hingga sekarang). Semua murid-muridnya adalah anak miskin dan kurang mampu. Semua biaya sekolah sarana pendidikan disediakan gratis.
h.    Mendirikan Sekolah ACIKITA dimulai dari TK, SD, hingga ke tingkat atas. Kami ingin mencetak generasi yang mempunyai moral, sains dan kecakapan yang baik, sebagai kader masa depan bangsa. InsyaAllah kami juga ingin mendirikan universitas ACIKITA. Untuk TK-TK ACIKITA kami memadukan kurikulum TK-TK di mancanegara (sistem preschool di mancanegara tengah digarap bukunya), TK binaan ACIKITA telah berjalan (satu) di Payakumbuh. Saat ini kami sedang bergiat mengumpulkan dana untuk pembangunan sekolah ACIKITA.
i.      Program beasiswa ACIKITA, baik untuk di dalam maupun di luar negeri.
j.      Mendirikan ACIKITA Research Center (ARC) sebagai sarana untuk memajukan pendidikan dan riset Indonesia.

Program Kerja di Bidang Ekonomi

1.    Belajar mendirikan percetakan sendiri, terutama mencetak buku-buku ACIKITA. Nantinya kegiatan ini akan terus ditingkatkan untuk mencetak buku-buku untuk kebutuhan sekolah ACIKITA dan sumbangan buku untuk sekolah-sekolah di Indonesia dan kebutuhan untuk taman baca.
2.    Mendirikan divisi ACIKITA Tour and Travel. Saat ini telah berjalan, tetapi masih bekerja sama dengan travel di Indonesia. Kami ingin membantu kolega atau masyarakat dan kenalan baik, agar ada income. Kami juga ingin mendidik mereka cara melayani tamu, ramah, dan profesional membawa turis ke daerah-daerah yang perlu dikunjungi.
3.    Mendirikan usaha unit kecil yang bisa menyerap tenaga kerja di desa-desa. Hal ini disesuaikan dengan potensi dan kebutuhn daerah. Misalnya di daerah Pariaman, ingin mendirikan usaha pengilangan minyak goreng (tengah dijajaki).
4.    Ingin mengeksplorasi kerajinan dan hasil karya pribumi untuk dicarikan pasarnya di tingkat internasional (tengah dijajaki).

Program Kerja di Bidang Sosial
1.    Menyalurkan dana zakat, infaq dari donatur kepada murid-murid sekolah binaan ACIKITA dan kaum miskin (sudah berjalan dan rutin setiap tahun).
2.    Menyelenggarakan kurban dan diberikan kepada orangtua murid dari sekolah ACIKITA yang semuanya orang miskin, korban bencana alam, dll yang berhak menerimanya. (sudah dan selalu berjaan setiap tahunnya.
3.    Peduli terhadap kasus kasus sosial di tanah air, mencoba mencarikan pemecahannya, apakah berdakwah melalui buku dan ikut memberikan solusinya, dan kemudian menyumbangkan sebagian buku itu langsung ke sasarannya

Program Kerja di Bidang Kesehatan
1.    Memberikan pengetahuan kesehatan yang wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia.
2.    Membantu golongan ekonomi lemah agar tidak mudah sakit, karena di Indonesia secara umum yang miskin tidak dapat merasakan  layanan kesehatan maksimal
Semoga perjuangan ini dimudahkan Allah. Memang bukan perkara yang mudah untuk menjalankan semua program kerja di atas. Tapi ACIKITA yakin, InsyaAllah dengan bersama kita bisa.”
Saat ini ACIKITA sudah aktif di beberapa bidang yaitu :
1Bidang Pendidikan
Kami aktif melakukan evaluasi atau tinjauan sistem pendidikan yang ada baik di LN maupun di tanah air, dan hasil evaluasi tersebut kami sampaikan dalam bentuk seminar pendidikan tiap tahun di seluruh wilayah Indonesia.
2Bidang Ekonomi dan Sosial
Kami aktif melakukan evaluasi atau tinjauan sistem pendidikan yang ada baik di LN maupun di tanah air, dan hasil evaluasi tersebut kami sampaikan dalam bentuk seminar pendidikan tiap tahun di seluruh wilayah Indonesia.
3Bidang Research and Development
Kami aktif melakukan evaluasi atau tinjauan sistem pendidikan yang ada baik di LN maupun di tanah air, dan hasil evaluasi tersebut kami sampaikan dalam bentuk seminar pendidikan tiap tahun di seluruh wilayah Indonesia.
4Publishing
Kami aktif melakukan evaluasi atau tinjauan sistem pendidikan yang ada baik di LN maupun di tanah air, dan hasil evaluasi tersebut kami sampaikan dalam bentuk seminar pendidikan tiap tahun di seluruh wilayah Indonesia.

Tentang ACIKITA Publishing
Motto: Maju bersama untuk membangun bangsa
Merupakan saluran untuk menyongsong Visi dan Misi ACIKITA melalui buku-buku ACIKITA
MISI ACIKITA PUBLISHING:
1. Menghadirkan buku-buku yang bermanfaat, berdakwah untuk hal kebaikan dalam berbagai bidang.
2. Menghadirkan buku-buku yang menginspirasi, bergiat untuk maju, dan semangat dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.
3. Menhadirkan buku-buku berisi informasi dan perkembangan kemajuan di berbagai negara, sharing kehidupan, untuk dapat dijadikan masukan bagi masyarakat di negeri tercinta.
4. Menghadirkan buku yang murah, dan terjangkau bagi masyarakat.
5. Menghadirkan buku-buku yang dapat mengundang minat baca, terutama usia anak.
6. Menghadirkan buku-buku sains dengan memanfaatkan sumber daya yang tersebar di manca negara.
7. Mengajak putera-puteri Indonesia (LN) untuk menulis semua informasi terbaik untuk diinformasikan ke tanah air untuk mempercepat perbaikan kondisi di Indonesia.
Penjualan Buku ACIKITA
Di Tanah Air
Di berbagai toko buku yang bisa dijangkau oleh distributor buku yang menjadi rekan kerjasama ACIKITA, di ACIKITA Publishing (ACIKITA Book sale), melalui distributor perorangan (untuk menambah penghasilan perorangan), di beberapa cabang ACIKITA di Indonesia.
Di Luar Negeri
Buku tersedia di secretariat ACIKITA Internasional, Tsuruma 1763-1-202, Machidashi, Tokyo.
Penjualan Buku
Beberapa persen dari hasil penjualan buku digunakan untuk tambahan dana pembangunan Sekolah ACIKITA. Jadi setiap pembelian buku ACIKITA, Anda sudah berkontribusi untuk perbaikan pendidikan di negeri kita. Saat ini ACIKITA sedang bergiat mengumpulkan dana untuk pembangunan sekolah ACIKITA. Dari berbagai pos keuangan sedikit demi sedikit dikumpulkan, termasuk dari nilai jual buku.
Pemesanan Buku di ACIKITA
Di Indonesia:
1. SMS ke nomor             +62813 63713802       atau email ke pengurus@acikita.org atau message dengan kode:
NAMA/JUDUL BUKU/ALAMAT/KOTA/dan Kode Pos/ No Hp/PERTANYAAN (jika ada).
2. Tunggu balasan konfirmasi dan pemberitahuan jumlah uang yang harus ditransfer (harga buku+ ongkos kirim).
3. Transferkan uang ke rekening berikut: Bank Mandiri atas nama:
R Saharso No Rek: 127-00-0540785-1. Saat transfer uang sangat dianjurkan untuk menuliskan (pembelian buku dan judulnya).
4. Setelah uang ditransfer, kirim sms ke nomor yang sama / message dengan format NAMA/JUDUL BUKU/ALAMAT/JUMLAH UANG YG
DIKIRIM.
5. Barang akan dikirim secepatnya menggunakan jasa ekspedisi JNE (www.jne.co.id ) atau TIKI (www.tiki-online.com ), jika memungkinkan pengiriman akan dilakukan pada hari transaksi atau paling lambat besoknya pada hari sabtu.
Untuk Pemesanan di Jepang:
1. Kirim SMS ke nomor : 080-4130-1327 atau email ke jumiarti@yahoo.com
Tulis pesan: Nama/judul buku/alamat lengkap dengan kode post./No Hp.
2. Uang buku ditransferkan ke rek Post: ACIKITA (dengan kata kana)
No rek : 10180-57922101

Siapa saja yang boleh bergabung di ACIKITA?
Seluruh manusia Indonesia, yang ingin bergiat untuk memperbaiki Indonesia, tidak merusak keharmonisan perjuangan, dan tidak untuk memanfaatkan ACIKITA untuk misi pribadi, boleh ikut berjuang bersama. Anggota tidak terbatas kaum akademisi dan orang yang bersekolah tinggi saja, tapi semua profesi dan berbagai tingkatan usia (termasuk anak-anak) boleh berjuang bersama di ACIKITA. Bahkan orang asing yang cinta dengan Indonesia bisa menjadi anggota luar biasa, seperti yang ditetapkan di dalam AD/ART ACIKITA.
Kegiatan dan program nyata yang dilakukan makin meluas dan berkembang sesuai potensi, minat, bakat, dan keahlian para anggota dan pengurus yang bergabung. Tahun 2013 ini Alhamdulillah sudah disemaikan pula biji ACIKITA Kesehatan, dan ACIKITA Research Center. Semoga biji biji tersebut dapat tumbuh menjadi tanaman bayi, bertunas dan bercabang hingga rindang. Inilah prinsip perjuangan ACIKITA, terus bergiat sesuai waktu dan keikhlasan para anggota dan pengurus.
“Allah tidak merubah nasib suatu kaum kalau bukan kaum itu sendiri yang merubahnya”. Kami sangat meyakini ketetapan Allah ini.
Legalitas Organisasi
Organisasi kami adalah legal, kami punya AKTA Yayasan yang dikeluarkan oleh Notaris yang syah. Dan dalam tahapan pendfataran di beberapa departemen sesuai pertumbuhan kegiatan ACIKITA. Misalnya terkait pendirian sekolah ACIKITA (Dep. Pendidikan Nasional), program Kesehatan (Departemen Kesehatan), dll.
Komunikasi dan Sosialisasi ACIKITA
Untuk komunikasi di tingkat ACIKITA dilakukan via mail, telepon baik lokal maupun internasional. Untuk member sejak akhir tahun 2010 kami baru mengaktifkan milis, karena sebelumnya terfokus untuk berkarya dan berbuat nyata.
Sedangkan untuk promosi dan sosialisasi keluar, dilakukan via milis di berbagai milis yang diikuti oleh anggotanya, mulai dari milis persatuan pelajar Indonesia (PPI) di berbagai negara, milis profesi di berbagai bidang ilmu, milis umum, misalnya milis pendidikan Indonesia, milis alumni, melalui situs ACIKITA, melalui Facebook dan blog para pengurus.
Sosialisasi di tingkat darat pun terus dilakukan, hingga ke forum Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. ACIKITA telah berpartisipasi dua kali dalam 3 kali undangan WanTinPres, bidang Pendidikan (Ibu Meuthia Hatta) dan Bidang Agama (6 Desember 2010). Dan saat ini untuk Kementrian di Indonesia, kami telah menjalin kerjasama dengan Mendiknas, Menristek, Mentri Tenaga Kerja dan UKM dan Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
ACIKITA juga telah melakukan sosialisasi ke beberapa pemerintah daerah di Indonesia untuk bekerjasama, misalnya DKI Jakarta, Pemda Bukittinggi, Pemda Kodya Pariaman, Pemda Sumatera Barat, Pemda Jabar, dan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan saat menjelang Seminar Akbar Ke-4, Juli-Agustus 2012, terus dilakukan sosialisasi dengan pemerintah daerah di 14 kota, tempat seminar dilakukan.
InsyaAllah ACIKITA akan terus bergiat!

CONTACT ACIKITA
ACIKITA International Office:
Hiyodoridai 3-6, RM 134, Kita-Ku, Hiyogo, Kobe-Shi, 651-1123, JAPAN
Phone :             +81-80-3333-1327
      
ACIKITA Indonesia Office:
Pesona Saltzburg SA-1 No.8, Kota Wisata, Cibubur, Bogor, INDONESIA
Phone :             +62-852-5395-6216      
E-mail : pengurus@acikita.org

Informasi mengenai ACIKITA lebih lengkap dapat dilihat disini :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sky Blue Bow Tie