Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ACIKITA LAMPUNG


PROGRAM ACIKITA LAMPUNG

Alhamdulillah tanggal 21 September 2013,  sudah dirumuskan program kerja ACIKITA Lampung. Rapat berlangsung lancar, penuh ide dan gagasan yang dimulai dari kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan di kalangan aktivis ACIKITA Lampung.
1. Penyuluhan untuk para ibu.
a.Penyuluhan untuk para ibu merupakan bentuk kepedulian ACIKITA Lampung pada pendidikan masyarakat khususnya para ibu sebagai pendidik utama dalam keluarga. Penyuluhan ini adalah salah satu bentuk dakwah ACIKITA Lampung untuk meningkatkan kesadaran para ibu akan pentingnya pendidikan yang baik dan berkarakter runtuk putra-putri mereka sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus.
b.Sasaran kerja ditujukan untuk para ibu pada umumnya, dan khususnya para ibu di daerah-daerah yang masih minim tingkat ekonomi dan pendidikannya.
c.Bentuk penyuluhan berupa: kelompok pengajian,
 parenting guide, dan penyuluhan-penyuluhan lain yang berkaitan tentang pendidikan anak.

2. Taman Bacaan ACIKITA Lampung.
a.Taman Bacaan ACIKITA Lampung adalah perpustakaan keliling yang tujuannya meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak. Buku merupakan jendela informsi dunia dan salah satu kunci ilmu. Akan tetapi banyak anak-anak di daerah Lampung yang masih minim dalam hal sarana bacaan dan tingkat kesadaran untuk pergi ke perpustakaan. Oleh karena itu ACIKITA Lampung berusaha menyediakan perpustakaan keliling untuk membantu anak-anak yang haus akan buku-buku bacaan yang berkualitas dan mendidik. Kegiatan ini juga sebagai upaya menjemput bola dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

b.Obyek Taman Bacaan ACIKITA Lampung adalah daerah-daerah yang masih rendah ketersediaan buku bacaan. Taman Baca ACIKITA Lampung ini diselenggarakan dari surau ke surau sekaligus sebagai upaya menghidupkan surau.
c.Dalam penyelenggaraanya, kurang lebih 200 judul buku yang dicanangkan oleh ACIKITA Lampung untuk menyukseskan taman baca ini dengan pendanaan dari berbagai donatur yang siap bekerjasama. Pada tahap awal pelaksaaan program Taman Bacaan ACIKITA Lampung ini akan menggunakan motor untuk menjangkau daerah-daerah tujuan dan ke depannya direncanakan akan menggunakan mobil.
3. Hewan Qurban ACIKITA Lampung.
a.Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, hadist inilah yang menjadi daya ungkit ACIKITA Lampung untuk terus berinovasi dalam program-program kerjanya dan salah satunya adalah berbagi daging Qurban, progam ini dimasudkan untuk lebih memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, di hari suci Idul Adha.
b.Dalam teknisnya, program ini beberapa majlis taklim yang sudah terbina oleh kader-kader ACIKITA Lampung yang memiliki pendanaan hewan Qurban setiap tahunya untuk disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan.
4. Buka Puasa Bersama Dengan Kaum Dhuafa.
Buka Puasa Bersama Dengan Kaum Dhuafa adalah program yang diharapkan akan meningkatkan empati para anggota ACIKITA Lampung dan bentuk berbagi kepada sesama.
5. Bagi-bagi Sembako Ramadhan.
Pada bulan Ramadhan, ACIKITA Lampung membagikan paket sembako kepada orang-orang yang membutuhkan.
6. Peresmian Sekretariat ACIKITA Lampung.
a.Sekretariat ACIKITA Lampung terletak di rumah Bu Apasra Dewayanti tepatnya di samping kantor notaris beliau. Sekretariat ini merupakan sumbangan dari beliau yang juga menjabat sebagai Ketua ACIKITA Lampung. Sekretariat ini akan menjadi pusat pelaksaan program-program ACIKITA Lampung.
7. Seragam ACIKITA Lampung.
a.Pembuatan seragam ACIKITA Lampung bertujuan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kekompakan di antara para anggota. Selain itu seragam ACIKITA Lampung ini juga menjadi identitas dalam melaksanakan program-program kerja dan salah satu bentuk syiar kepada masyarakat tentang ACIKITA Lampung.
b. Seragam ini merupakan seragam inventaris untuk member ACIKITA Lampung yang masih aktif dan berpartisipasi dalam pelaksaan program-program kerja.
8. Publikasi di Media Massa.
Sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat tentang ACIKITA Lampung dan program-programnya, akan diusahakan publikasi sederhana melalui media  koran, grup facebook dan twitter. Selain itu ada juga anggota dari ACIKITA Lampung yang bekerja di media cetak seperti Lampung Post.
9. Penerbitan Buletin.
a.Penerbitan Buletin adalah bentuk sosialisasi program dan publikasi kegiatan ACIKITA Lampung. Buletin ini akan didistribusikan kepada semua anggota ACIKITA Lampung di berbagai universitas pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.
10. Upgrading Member.
a.
Upgrading member merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan soft skill sekaligus meningkatkan ukhuwah di antara semua aktivis ACIKITA Lampung, seperti penyelanggaraan bedah buku, seminar motivasi, dan kelompok belajar bersama.
11. Partisipasi dalam program ACIKITA Nasional.
Setiap tahun ACIKITA Nasional mempunyai hajat penyelenggaraan Seminar dan Konferensi Internasional, maka ACIKITA Lampung akan berusaha ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program dari pusat.
12. Unit Usaha ACIKITA Lampung.
a.Unit usaha ACIKITA Lampung adalah upaya ACIKITA Lampung untuk bergerak dalam bidang ekonomi sebagai salah satu sumber pendanaan.
b.Unit Usaha ini dijalankan oleh para member ACIKITA Lampung misalnya ada anggota yang bisa mendesain maka bisa dibuka desain ACIKITA Lampung, menjual pakaian haji, membuka bimbingan belajar, menerima tawaran MC dll. Sebagian dari pendapatan itu disumbangkan ke kas ACIKITA Lampung, atau minimal bisa menjadi penghasilan untuk orang-orang yang bergerak di ACIKITA Lampung.
c.Pusat kegiatan dari Unit Usaha ACIKITA Lampung terletak di sekretariat ACIKITA Lampung.
Pengurus ACIKITA lampung
Info lengkapnya dapat dikunjungi di : http://www.acikita.org/tag/acikita-lampung/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sky Blue Bow Tie