Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Praktikum Gyoza

GYOZA
(Laporan Praktikum Dasar Teknologi Komponen Bioaktif)



Oleh
Rosi Mauliana sari
1114051050
Kelompok 2 (dua)






JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012



II. METODELOGI


A. Waktu dan Tempat

Praktikum ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2012 pukul13.00-15.00 WIB di Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.



B. Alat dan Bahan

Alat-alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah baskom, pisau, telenan, plastic, botol/penggiling, piring, blender, sendok, wajan, sutil, lap, kompor.

Adapun bahan – bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah sawi putih, sawi hijau, bawang bombai, bawang putih, daging ayam, daun bawang / seledri, garam, bubuk lada, tepung terigu, telur, air, saus Saori.




C. Diagram Alir



 

 




III. PEMBAHASAN


A. Pembahasan

Pada Praktikum ini dilakukan pembuatan gyoza yang mirip dengan makanan di Indonesia seperti pangsit atau somay. Gyoza merupakan cemilan yang aslinya berasal dari negara Cina yang memiliki nama Jiaozi ,tapi akhirnya masuk dan sangat popular di Jepang. Kebanyakan gyoza yang di Cina dimasak dengan cara merebus sementara di Jepang dimasak dengan cara dipanggang dan digoreng. Pada Praktikum ini menunjukkan bagaimana membuat adonan gyoza dan mengisi gyoza. Tahap yang banyak memakan waktu dalam praktikum ini adalah pada saat memfilet daging ayam dan sulitnya pembuatan adonan sebagai kulit gyozanya.

Pada praktikum dilakukan pertama kali adalah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang mau digunakan dan dicuci terlebih dahulu. Kemudian memfilet daging, karena daging mudah membusuk sehingga diolah terlebih dahulu sedangkan sayuran dan bumbunya dapat disimpan dalam kulkas untuk mempertahankan kesegarannya. Setelah itu, daging ayam dipotong menjadi beberapa bagian dan dibuang tulangnya. Hal ini dikarenakan, daging akan dihaluskan menggunakan blender sehingga nantinya dapat bercampur dengan sayuran. Setelah selesai mengolah daging, sayuran dan bawang bombai ditambah bawang putih diiris kecil – kecil hingga terlihat halus seperti ingin membuat bakwan.

Semua bahan dan daging dicampurkan dan diaduk hingga rata. Lalu ditambahkan sedikit garam sesuai selera dan 2 bungkus bubuk lada. Diaduk kembali dengan menggunakan tangan. Seharusnya dalam mengaduk isi gyoza harus menggunakan sarung tangan bisa berupa plastic, namun dalam praktikum ini tidak menggunakan plastic sehingga kemungkinan makanan terkontaminasi itu besar dan nutrisi di dalamnya akan mudah rusak. Terlihat masih banyak praktikan yang kurang mementingkan kebersihan dalam pembuatan makanan. Selanjutnya dilakukan pembuatan kulit gyoza. Bahan yang digunakan hanya tepung terigu, telur, dan sedikit garam.

Hal yang dilakukan duluan adalah mencampurkan tepung dengan telur yang dibantu dengan penambahan air sedikit demi sedikit agar tercampur rata. Pengadukan ini pun menggunakan tangan tanpa sarung tangan. Kemudian ditambahlkan garam untuk sebagai perasanya. Setelah adonan ulen di tangan, maka adonan dapat digiling dan memiliki lapisan tipis dengan kulit pangsit. Dalam pembuatan gyoza yang asli, adonan yang sudah tipis berbentuk kulit dipotong membentuk lingkaran sehingga sangat mudah dalam membungkus isinya.

Sekarang saatnya untuk membentuk gyoza. Ditaruh sedikit campuran daging dan sayuran di tengah pembungkus, untuk menelusuri garis sekitar setengah dari bungkusnya tangan kami harus basah. Kemudian dilipat pembungkus dalam lebih dari setengah isi dan mencubit itu di tengah. Selanjutnya sampai pada bagian yang menyenangkan yaitu pleating. Dalam tahap pleating ini banyak praktikan  dan asisten dosen yang kurang menguasai teknik pleating gyoza yaitu teknik melipat dua kulit dengan mencubit - cubit tepinya. Karena gyoza yang sudah dipleating harus bisa berdiri maka untuk mengatasinya, praktikan berkreasi sendiri dalam membungkusnya.

Seharusnya teknik membungkus gyoza seperti ini:
1. Memegang bungkusnya di tempat itu tengah yang baru saja dicubit dengan tangan kiri, membuat wiru di bagian atas pembungkus, mencubit melawan tepi datar pembungkus di  belakang.
2. Memegang isi setengah lingkaran di tangan kiri, pleat bagian atas pembungkus dari luar tengah, menekan ke tepi rata dari bungkusnya di belakang (hanya tepi depan akan lipit - tepi belakang tetap datar).
3. Dilanjutkan untuk membuat dua atau tiga lipatan ke kanan pleat pertama. Kemudian beralih sisi dan wiru sisi lain (ke kiri dari tengah terjepit.    
Sebaiknya dilakukan pencampuran dengan tepung terigu protein tinggi agar kulit yg dihasilkan lentur dan kuat (karena protein tinggi kaya akan gluten). Tapi jika tidak ada tepung terigu protein tinggi, boleh semuanya pakai tepung terigu biasa saja. Untuk merekatkan kedua kulitnya menggunakan olesan air atau putih telur.

Selanjutnya adalah proses penggorengan gyoza. Di dalam praktikum ini tidak melakukan tahap penggorengan yang pada umumnya, karena di praktikum ini digunakan air dan sedikit sekali minyak untuk menggoreng gyoza. Gyoza yang pertama digoreng di sisi datar mereka (lipatan up), sampai bagian bawah adalah bagus dan coklat. Kemudian, air ditambahkan dan wajan disegel dengan tutup sampai bagian atas gyoza dikukus. Jika semuanya sudah matang, gyoza didinginkan sebentar sambil membuka saus Saori dalam piring. Gyoza siap disantap.

Ketika sudah dicoba rasanya tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga pada praktikum ini gagal dalam penambahan rasa dan teknik pleating. Namun itu bisa tertutupi dengan saos yang sudah terasa asin. Selain itu, kulit gyoza terasa keras saat dimakan. Hal ini dikarenakan kulit gyoza yang masih tebal dan kurang matang saat penggorengan. Rasa isi gyoza juga tidak terasa. Secara keseluruhan, dapat dikatakan praktikum dalam pembuatan Gyoza kurang berhasil dari segi rasa, bentuk dan pembuatan kulit gyoza.





DAFTAR PUSTAKA


Hair, Jaden.2009. Gyoza Recipe Japanese Pan Fried Dumplings.http://steamykitchen. com/diakses pada tanggal 30 Oktober 2012 pukul 23.00 WIB.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sky Blue Bow Tie